BUMDes Hubbul Wathon mengikuti Kunjungan Lapangan di Desa Galuh Timur

luwungragi.desa.id – Sebanyak 8 Desa dari Kecamatan Bulakamba melaksanakan Kunjungan Lapangan Replikasi Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong pada hari Kamis 10 Januari 2019. Kegiatan ini dimotori oleh Camat Bulakamba sebagai tindak lanjut dari Pelaksanaan Program Inovasi Desa yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi. Kedelapan Desa tersebut yaitu Jubang, Cipelem, Rancawuluh, Luwungragi, Siwuluh, Banjaratma, Petunjungan dan Tegalglagah. Kegiatan ini diharapkan bisa menambah pengetahuan tentang Inovasi Pengelolaan Sampah dan bisa ditiru oleh Desa-desa tersebut.

Desa Galuhtimur melalui BUMDes Maju Berkah Membentuk Unit Usaha Bank Sampah, Sebagai Kepala Unit Yaitu Bapak Ali Wilujeng dan dibantu para anggota sebagai Kordinator di setiap RT. Kegiatan yang rutin dilakukan adalah pengangkutan sampah dengan jadwal dua hari sekali, kemudian sampah yang sudah terkumpul dipilah kembali yaitu sampah organik dan anorganik. Khusus sampah organik diolah dalam komposter menjadi pupuk organik cair (POC) dan pupuk padat. Sedangkan sampah anorganik dari jenis plastik dengan kondisi baik dijadikan barang-barang kerajinan, sampah logam dijual ke pengepul barang bekas dan sampah Anorganik yang tidak terpakai diangkut ke tempat pembuangan akhir sampah.

Salah satu peserta kunjungan ini, Usman Arif Ketua Pengurus BUMDes Hubbul Wathon Desa Luwungragi berterima kasih kepada Tim Inovasi Desa Kecamatan Bulakamba yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini. “Kami merasa bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, semoga pengetahuan yang kami dapat bisa dimanfaatkan untuk penerapan Pengelolaan Sampah yang tengah ditangani BUMDes kami” katanya. (AM)

Share ke:

Informasi Desa

Suara Warga

Untuk menjalin berkomunikasi dengan warga Luwungragi silahkan bergabung dengan Group Warga Desa Luwungragi, silahkan klik tombol dibawah ini.

Berita Terkait