BUMDes

Mengenal Bumdes

BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa.

Lembaga ini digadang-gadang sebagai kekuatan yang akan bisa mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraan dengan cara menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa dengan berdasar pada ragam potensi yang dimiliki desa.

BUMDes harus lahir atas kehendak seluruh warga desa yang diputuskan melalui Musyawarah Desa (Musdes). Musdes adalah forum tertinggi melahirkan berbagai keputuan utama dalam BUMDes mulai dari nama lembaga, pemilihan pengurus hingga jenis usaha yang bakal dijalankan.

Dalam proses ini setidaknya ada dua pertemuan besar yang melibatkan seluruh elemen penting warga desa secara perwakilan. Yang pertama adalah sosialisasi dan pembentukan tim yang bertugas mengawal seluruh proses pembentukan dan pertemuan kedua untuk melahirkan berbagai keputusan final. Seluruh proses ini tentu saja menjadi tanggung jawab Pemerintah Desa sebagai penyelenggaranya.

BUMDes lahir sebagai lembaga desa yang berfungsi menciptakan kesejahteraan warga dengan memanfaatkan aset dan potensi yang dimiliki desa dan dipersenjatai modal penyertaan dari desa. Maka tidak berarti semua urusan ekonomi desa masuk dalam ranah BUMDes, sama sekali tidak. Soalnya di desa masih ada banyak lembaga ekonomi yang tidak masuk dalam cakupan BUMDes bahkan tidak bisa di BUMDes-kan.

Mengenal Bumdes Hubbul Wathon. 

Bummdes Hubbul Wathon – Melihat potensi Desa Luwungragi yang sangat besar, maka muncul gagasan dari Kepala Desa Luwungragi (Bapak Saryo) melalui musyawarah dengan mempertemukan Perangkat Desa, BPD, kelompok warga untuk membahas BUMDes guna membangun Desa Luwungragi untuk mencapai derajat ekonomi masyarakat yang lebih tinggi dan sejahtera. Dengan pertimbangan yang sangat matang, Pemerintah Desa Luwungragi Mendirikan BUMDes pada tanggal 15 September 2018 berdasarkan keputusan yang dituangkan dalam Peraturan Desa No 06 Tahun 2009 dengan Nama (Badan Usaha Milik Desa) BUMDes Hubbul Wathon.

Visi :
Terwujudnya Desa Luwungragi yang Berkualitas, Mandiri, Berbudaya, Berteknologi dan Sejahtera.

Misi :
1. Sejahtera
Pemanfaatan SDA dan SDM untuk Kesejahteraan Masyarakat.
2. Berteknologi
Teknologi sebagai media dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat “e-goverment”.
3. Berbudaya
Menjada nilai-nilai lokal sebagai etnitas dan budaya untuk membangun kehidupan harmonis antar masyarakat.
4. Mandiri
Mandiri dalam pengolahan potensi dan sumber daya yang dimiliki desa untuk kesejateraan masyarakat.
5. Berkualitas
Sumber daya manusia yang berkualitas baik ketrampilan maupun pengetahuan.

Struktur Kepengurusan Bumdes Hubbul Wathon
1. Penanggungjawab : Kepala Desa Luwungragi
2. Pembina : BPD Luwungragi
3. Direkrut Bumdes : Usman Arif
4. Sekertaris : Fahmi Alfan
5. Bendahara : Diyah Woro Istiqomah
6. Kepala Unit : Rosyad
7. Unit Jasa : Ilyas
8. Unit Pertanian Terpadu : Akhmad Amilludin
9. Unit UMKM : Ahmad Sofyan

Share Ke :