Demografi dan Batas Desa

Batas Desa

Demografi Desa

Desa luwungragi adalah desa yang terletak dikecamatan Bulakamba kabupaten brebes.

Desa ini diapit oleh empat desa yaitu

Sebelah utara desa klampok,

Sebelah timur desa siasem,

Sebelah selatan desa siwuluh dan

Sebelah barat desa bangsri

Desa luwungragi memiliki lembaga pendidikan, dari usia dini sampai sekolah menengah atas dan sekolah agama ( pondok pesantren) seperti : 

  •  Tingkat SMA/ SMK/ MA ( sekolah menengah atas/ kejuruan dan madrasah aliyah)

SMA Ma’arif bulakamba, SMK Islam Luwungragi dan MA Assalafiyah Luwungragi

  • Tingkat SMP/ MTs ( sekolah menengah pertama dan madrasah syanawiyah)

SMP Ma’arif bulakamba, SMP Islam Luwungragi dan MTs Assalafiyah luwungragi

  •  Tingkat SD/ MI ( sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah)

SDN 01 Luwungragi, SDN 02 Luwungragi dan MI Luwungragi

  • Tingkat PAUD ( pendidikan anak usia dini)

PAUD Ar’rohman luwungragi, PAUD Pertiwi dan PAUD Mambaul Hikmah

  •  Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Assalafiyah, Pondok Pesantren Al Ishlah Assalafiyah, Pondok Pesantren Mambaul Hikmah dan Pondok Pesantren al khoeriyyah luwungragi

Ada banyak pendapat mengenai asal usul desa luwungragi. Seperti pendapat dari bapak juned (sesepuh luwungragi) mengatakan bahwa bahwa asal usul desa berasal dari kata luwungrag diambil dari kata luwung dan ragi, luwung yang diartikan dalam bahasa indonesia adalah dapur atau tempat. Dan ragi dalam makanan adalah bahan tambahan makanan yang berfungsi melelehkan, seperti singkong yang dikasih ragi akan berubah menjadi lembek (tape). Jadi luwungragi adalah tempat untuk melelehkan atau lebih tepatnya melehkan hati yang keras akan menjadi lembut. Arti luwungragi sangat pas banget dengan keadaan desa luwungragi, yang terkenal dengan segudang ulama dan ratusan santri.

Desa luwungragi memiliki banyak tokoh ulama yang terkenal dan disegani oleh masyarakat sekitar seperti :

  • H. Subhan Ma’mun – H. Subhan Ma’mun adalah ulama yang sangat hebat dan sangat disegani oleh masyarakat luwungragi dan luar luwungragi. Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes.
  • H. Syifa Kholil – H. Syifa Kholil adalah ulama yang terkenal dengan kesopanan bicaranya. Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Al- Islah Assalafiyah dan kepala sekolah di MTs Assalafiyah luwungragi bulakamba brebes.
  • H. Rustadi – H. Rustadi adalah ulama yang terkenal dengan ketegasannya. Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Mambaul Hikmah luwungragi brebes.
  • H. Khoeron Akhsan – H. Khoeron Akhsan adalah ulama yang terkenal dengan kecerdasannya. Beliau adalah pengasuh pondok pesantren al khoeriyyah luwungragi brebes.

Selain dengan desa sejuta santri dan pendidikan, luwungragi juga memiliki tempat untuk penjemuran bawang merah ( lapak). Dilihat dari sepanjang jalan desa luwungragi banyak sekali lapang dipinggir jalan. Dengan adanya lapak bawang merah ini sangat membantu perekonomian masyarakat luwungragi. Hampir 80 % masyarakat luwungragi bekerja dilapak

 

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram