Pembentukan LPM Desa Luwungragi

Luwungragi, luwungragi.desa.id – Pemerintahan Desa Luwungragi Kecamatan Bualakamba Kabupaten Brebes telah melaksanakan pembentukan Kepengurusan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) untuk periode 2018 s.d 2024 di Balai Desa Luwungragi,  Selasa 1 Januari 2019. Hadir dalam acara ini, Kepala Desa beserta perangkatnya, Ketua BPD, dan 9 Calon Pengurus LPM Baru yang telah disepakati usulan nama-namanya oleh ketua RW masing-masing mulai dari RW 01 sampai dengan RW 08 yaitu Abdul Latif (RW.  01),  Jalaludin (RW.  02),  Karim Khasani, Canusi (RW.  03), Masruri (RW. 04), Kasdunya (RW.  05),  Syamsuri Cholil (RW. 06), Ahmad Sofwan (RW.  07) dan Fahmi Alfan (RW.  08).

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah Lembaga Kemasyarakatan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada masyarakat. Tugas dari LPM diantara Menyusun rencana pembangunan yang berpartisipatif, Menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, Melaksanakan pengedalian pembangunan dan lain-lain.

Dalam sambutannya Ketua BPD Desa Luwungragi Ahmad Lutof Najib, menjelaskan “Kenapa perlu dibentuk pengurusan yang baru karena kepengurusan yang lama sudah habis masa jabatannya makanya perlu di bentuk lagi kepengurusan yang baru. Mengingat LPM ini merupakan mitra Kerja Pemerintahan Desa yang berfungsi yaitu Penanaman dan Pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Luwungragi, Sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam perencanaan pelaksanaan dan pengendalian pembangunan Desa, Menggali serta memanfaatkan potensi dan menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat untuk pembangunan dan sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah Desa dan antar masyarakat itu sendiri” Jelasnya.

Setelah dilalui rangkaian pembentukan Kepengurusan LPM Periode 2018-2024 melalui proses voting, terbentuklah nama-nama yang ditetapkan sebagai pengurus LPM Periode 2018-2024,  dengan di Ketuai Fahmi Alfan,  Sekretaris Abdul Lathif dan Bendahara Syamsuri Cholil.  Sedangkan perwakilannya lainnya sebagai anggota.

Kepala Desa Luwungragi Saryo berharap pengurus LPM yang baru ini bisa bekerja sama  membangun desa kedepan, “Pemerintah Desa tidak bisa berbuat banyak tanpa adanya Peran warga masyarakat yang peduli, diharapkan dapat bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing sehingga roda pemerintahan Desa Luwungragi ini akan berjalan dengan baik” katanya. (AM)

Share ke:

Informasi Desa

Suara Warga

Untuk menjalin berkomunikasi dengan warga Luwungragi silahkan bergabung dengan Group Warga Desa Luwungragi, silahkan klik tombol dibawah ini.

Berita Terkait