PERAN MADRASAH DINIYAH MANSYAUL ULUM LUWUNGRAGI DALAM MENCERDASKAN ANAK BANGSA.

Luwungragi – (luwungragi.desa.id) Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Mansyaul ulum Luwungragi berdiri tegak di tengah kawasan padat penduduk yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Assalafiyah dan Pondok Pesantren Al Ishlah Luwungragi Bulakamba Brebes, “selama 20 tahun terakhir MDT Mansyaul Ulum mengalami pasang surut” ujar Kepala MDT Mansyaul Ulum  KH.Luthfi Royani, dalam rapat evaluasi dewan guru MDT Mansyaul Ulum Luwungragi Rabu (8/1), di kantornya.
Sebagai Institusi Pendidikan Islam yang berdiri pada tahun 1960, Madrasah Diniyah Mansyaul Ulum Luwungragi yang berada di lingkungan Ponpes Assalafiyah telah melahirkan banyak tokoh dan ulama seperti KH.SUBHAN MA’MUN, Drs.KH. SHIFA CHOLIL dan lain lain, peran Madrasah Diniyah Mansyaul Ulum Luwungragi dalam proses internalisasi ajaran-ajaran Islam dan tradisi-tradisi keagamaan dalam sebuah komunitas masyarakat muslim tidak dapat diabaikan begitu saja. Madrasah Diniyah memiliki peran signifikan dalam melestarikan pendidikan agama Islam dan nilai moral keislaman bagi masyarakat. Peran Madrasah Diniyah ini tidak layak diabaikan begitu saja ketika melihat kualitas dari Madrasah Diniyah yang tidak sedikit guna memenuhi kebutuhan pendidikan agama islam bagi anak-anak terutama yang masih menginjakkan kakinya di sekolah pendidikan dasar.
Dengan seiringnya perkembangan zaman yang semakin hilangnya akhlak-akhlak dan moral-moral anak bangsa ini, semakin banyaknya lapak-lapak bawang merah yg berada di Desa Luwungragi, Madrasah Diniyah diharapkan mampu membenahi dan mampu mengembalikan keadaan masyarakat desa yang memiliki generasi-generasi dan insan-insan yang berperilaku baik dan didalamnya terdapat akhlakul karimah dan budi pekerti yang luhur.


Oleh karena pentingnya pendidikan agama islam, Madrasah Diniyah diharapkan mampu menanggapi dan menyelesaikan polemik-polemik tersebut. Dengan kata lain, diharapkan lembaga pendidikan non-formal ini dapat menarik banyak anak masyarakat desa luwungragi dan menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dan budi pekerti yang luhur. Maka perlu kiranya pendidikan Madrasah Diniyah ini dilestarikan dan dibudayakan dalam kehidupan di masyarakat, dan perlu kiranya perhatian dari pemerintah serta peran masyarakat terutama para orang tua siswa-siswi. Dengan hal seperti itu, mudah-mudahan terbentuklah generasi-generasi dan anak-anak yang soleh.
Lebih lanjut Kepala MDT Mansyaul Ulum Luwungragi  menjelaskan, dengan koordinasi dan komunikasi  yang baik antar guru,para orang tua siswa dan masyarakat, Madrasah Diniyah Takmiliyah Mansyaul Ulum Luwungragi semakin baik. Maka harapan kedepan MDT Mansyaul Ulum dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi dalam mencerdaskan anak bangsa terutama generasi anak muda desa Luwungragi.

(Sodikun Fadar – AM)

Share ke:

Informasi Desa

Suara Warga

Untuk menjalin berkomunikasi dengan warga Luwungragi silahkan bergabung dengan Group Warga Desa Luwungragi, silahkan klik tombol dibawah ini.

Berita Terkait