Pusat Jual Beli Bawang di Lapak, Ya di Desa Luwungragi

Luwungragi ( luwungragi.desa.id ) – Bila anda masuk ke Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes maka sepanjang jalan Kabupaten dari gapura desa sampai dengan tapal batas desa, akan terlihat puluhan lapak bawang. Wajar saja jika transaksi bawang merah setiap hari mayoritas di desa ini. Sebuah potensi yang menjanjikan. Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Luwungragi Saryo kepada redaksi saat ditemui di rumahnya. Minggu (12/01/2020).

Saryo menambahkan, pihaknya merasa terbantu, dan bangga dengan Desa Luwungragi sebagai wadah bawang merah, bisa mengurangi pengangguran bagi warganya karena setiap hari mereka bisa bekerja di lapak yang ada ini, dan akhirnya kebutuhan keluarga bagi warganya menjadi terbantu.

Selain itu, Dia juga mengatakan, bahwa desa Luwungragi adalah Desa yang terletak di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, desa luwungragi memiliki luas lahan sawah 150 Ha dan luas lahan kering 81 Ha. Desa luwungragi memiliki pedukuhan 8 RW dan 41 RT.

” Desa luwungragi sudah biasa dikenal dengan lahan pusat lapak bawang di Brebes , mayoritas penduduk adalah Petani, buruh tani, dan dagang. Wajar jika kebiasaan masyarakat kecil uniknya mrotol atau motong bawang merah untuk menambah kebutuhan sehari hari,” tambahnya.

Sementara itu salah satu juragan bawang yang tidak mau disebutkan nama lengkapnya, mintanya inisial NR, mengataka, banyak juragan – juragan atau calo bawang merah berbagai daerah berdatangan ke lapak bawang di desa ini,  selain paling banyak lapaknya, juga ketersediaan warga yang suka mrotol dan motong bawang merah ada, dan harganya terjangkau, bahkan malam haripun dikerjakan untuk mencari tambahan pendapatan.

NR menambahkan, harga naik maupun turun, untung atau rugi para petani atau pedang bawang merah disini tetap bertanam dan berdagang, bahkan mereka berani Ekspansi ke daerah lain seperti Pemalang, Kendal dan Majalengka. Pada musim hujan atau kemarau Petani juga tetap tanam bawang merah. pihaknya berharap untuk harga merah biar harganya lebih unggul di banding daerah lainnya.

(Kontributor : NR editor AM)

Share ke:

Informasi Desa

Suara Warga

Untuk menjalin berkomunikasi dengan warga Luwungragi silahkan bergabung dengan Group Warga Desa Luwungragi, silahkan klik tombol dibawah ini.

Berita Terkait