Sehat Kompak Bersama Paguyuban Onthelis Luwungragi (POL)

Luwungragi (luwungragi.desa.id) – Paguyuban Onthelis Luwungragi (POL) Kec. Bulakamba Kab. Brebes, melestarikan keberadaan sepeda tua keluaran 1945 dengan memperkenalkan kepada para generasi muda.

Kami sengaja melestarikan keberadaan sepeda onthel, dengan tujuan mengenalkan alat transportasi masa lalu kepada generasi muda saat ini sehingga mengetahui sejarah bangsa,” kata Ketua Paguyuban Onthelis Luwungragi Kecamatan Bulakamba H. Cholid Mawadi di kediamannya, Rabu 8 Januari 2020, usai kegiatan berkeliling sepeda onthel di Desa Luwungragi Kec. Bulakamba Kab. Brebes.

Dia mengatakan selain bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan keberadaan sepeda onthel, kegiatan ini juga bertujuan agar menangkal para generasi muda dari bahaya pergaulan bebas yang mengarah pada narkoba, judi, minuman keras, dan balap liar.

Dengan mengenalkan kembali budaya bersepeda tua tersebut, para generasi muda diharapkan bebas dari perilaku menyimpang.

Kegiatan melestarikan sepeda tua ini juga menjadi salah satu upaya untuk membiasakan transportasi ramah lingkungan tanpa polusi sekaligus sebagai olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan.

“Kami berupaya mengajak masyarakat agar lebih senang bersepeda, karena saat ini kemana-mana selalu menggunakan sepeda motor padahal jaraknya dekat,” kata dia.

Paguyuban Onthel tersebut juga bergerak di bidang sosial di antaranya membantu masyarakat ekonomi lemah, termasuk sisi keagamaan.

Dewan penasehat Paguyuban Onthelis Luwungragi (POL) KH. Subhan Ma’mun mengatakan kegiatan POL tersebut harus bisa mempelopori organisasi di Desa Luwungragi, supaya mampu memberikan kontribusi pada desa serta melestarikan budaya Desa Luwungragi yang agamis dan religius, selain dengan tujuan berolahraga sekaligus saranan bersilaturahmi dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa, serta upaya mengenalkan sepeda onthel ke masyarakat luas.

“Kegiatan ngontel bareng setiap minggu menjadi agenda rutin POL. Kegiatan ngontel  ini tidak hanya dari Desa Luwungragi saja , namun juga diikuti oleh pecinta onthel dari tangga desa  ( Siasem ) Kec. Wanasari yang tergabung dalam wadah  Paguyuban Onthelis Luwungragi  yang diperkirakan mencapai 40 orang,” kata dia.

H. Cholid Mawardi berharap dengan adanya inisiatif masyarakat untuk menghidupkan kembali budaya bersepeda, Pemerintah dapat menyokong dengan mendukung perbaikan sisi infrastruktur jalan di Daerah Luwungragi terutama di Kecamatan Bulakamba.

“Kami hanya butuh pemerintah desa, pemerintah daerah membantu memperbaiki jalan-jalan yang ada di Kecamatan Bulakamba, karena selain ramah lingkungan bersepeda juga menghemat biaya,” katanya.

Kontributor : Sodikun Fadar / Editor : AM

Share ke:

Informasi Desa

Suara Warga

Untuk menjalin berkomunikasi dengan warga Luwungragi silahkan bergabung dengan Group Warga Desa Luwungragi, silahkan klik tombol dibawah ini.

Berita Terkait