Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Relawan Pendataan SDGs Desa Tahun 2021

Luwungragi, Pemerintah Desa Luwungragi pada hari Sabtu (24/04) telah melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Relawan Pendataan SDGs (Sustainable Development Goals/Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) Desa. Bimtek dilakukan di Aula Balai Desa Luwungragi dengan menerapkan protokol kesehatan pencagahan penyebaran Covid-19. Hadir dalam bimtek ini adalah Kepala Desa Luwungragi, Pendamping Desa, serta Relawan Pendataan SDGs Desa yang telah ditetapkan dalam Keputusan Kepala Desa Luwungragi Nomor 05 Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim Kelompok Kerja Relawam Pendataan SDGs Desa Luwungragi.

Bimtek diawali oleh sambutan Kepala Desa, Saryo. menyampaikan terimakasih kepada relawan yang telah hadir, karena sukses tidaknya pendataan ditentukan oleh bimtek yang diperoleh sebagai bekal relawan dalam melakukan pendataan. Sumber dana dari program ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2021. Masing-masing relawan akan dibekali oleh alat kerja berupa kuisioner pendataan serta Data Pendukung lainnya. Sebagai mitra, terdapat Pendamping Desa, Babhinkamtibmas, dan Babinsa yang akan bersinergi dengan relawan dalam bertugas.

Secara umum, Pokja Relawan pendataan SDGs Desa bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pada level Desalevel Rukun Tetangga, level keluarga, dan level warga. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis sesuai kaidah SDGs Desa, kemudian merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa.

Acara dilanjutkan dengan bimtek yang diisi oleh Sambudiyanto selaku Pendamping Desa yang menyampaikan bahwa Pendataan SDGs Desa merupakan program baru Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa. Hasil pendataan akan memuat potensi dan kelemahan di masing-masing padukuhan, sehingga dalam melakukan perencanaan desa berbasis data dapat mempertimbangkan kekurangan, potensi, serta kemajuan padukuhan sehingga pembangunan Desa dapat merata.

Penjelasan lengkap tentang Pendataan Desa berbasis SDGs bisa kunjungi artikel Kemendesa berikut : Pendataan SDGs Desa 2021

Share ke:

Informasi Desa

Suara Warga

Untuk menjalin berkomunikasi dengan warga Luwungragi silahkan bergabung dengan Group Warga Desa Luwungragi, silahkan klik tombol dibawah ini.

Berita Terkait