Tunipah : Pengrajin Bawang Goreng Luwungragi

Luwungragi (Luwungragi.desa.id)-Industri bawang goreng salah satu industri rumahan di desa Luwungragi,  dan tersebar dibeberapa Rukun Tetangga, semangat berusaha sangat tinggi, sehingga banyak ibu rumah tangga menjadi pengrajin bawang goreng, karena produksi bawang merah yang mudah dicari, dan saat melimpah ruah maka perlu olah, agar produksi bawang goreng menjadi produk andalan dan unggulan di desa.

Salah seorang diantara pengrajin bawang goreng tersabut yang ditemui, adalah ibu Tunipah (42) tahun ygang memiliki usaha di Jl. Sarkawi RT 02 RW 05, Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Tunipah ini, menekuni usaha bawang goreng hampir 4 tahun lamanya. dia menjelaskan, pelanggannya sudah merambah sampe keluar kota. Setiap bulannya mampu memproduksi bawang goreng sekitar 10 kwintal, harga jualnya bervariatif mulai dari harga Rp 25 rb untuk isi 200 gram dan Rp 30 rb untuk 250 gram dengan kemasan toples.

Tambah Tunipah, proses pembuatan bawang goreng dilakukan masih sangat sederhana(manual) yang hanya menggunakan alat mesin cuma alat spinner saja. Diawali dengan pengupasan yang di lakukan oleh ibu-ibu tetangga rumah sekitar dengan sistem borongan. Kemudian bawang di cuci lalu di serut setelah itu campur garam sedikit biar ada rasa gurih nya setelah itu baru di goreng dengan api sedang yang di lakukan oleh salah satu karyawannya.

Setelah di goreng bawang kemudian angkat dan tiriskan, terus di angin- angin kan sebentar, selanjutnya proses spiner, sampe minyak tuntas untuk mendapatkan hasil bawang goreng yang lebih renyah dan tahan lama.  Agar Bagor ini diterima pasar, maka pengrajin ini melakukan packing dengan kemasan yang menarik,  disesuaikan dengan permintaan kemasan.

Sementara itu, salah satu konsumen Mahfud pegawai RSUD Brebes mengatakan, setiap minggunya selalu membeli atau mengorder bawang gorengnya ibu Tunipah selain untuk konsumsi keluarga sendiri juga di jual kembali sama rekan- rekan kerja nya di RSUD dia bekerja. ( Kontributor : Muqodimah Achsan editor AM)

Share ke:

Informasi Desa

Suara Warga

Untuk menjalin berkomunikasi dengan warga Luwungragi silahkan bergabung dengan Group Warga Desa Luwungragi, silahkan klik tombol dibawah ini.

Berita Terkait