Aksi Nyata Mahasiswa KKN Undip Tingkatkan Pelayanan Publik dengan Pembuatan Alur Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Luwungragi

  • Aug 10, 2023
  • Yulita Dzakiyyah Rahmawati
  • BERITA

Luwungragi, Bulakamba, Brebes (01/08/2023). Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan dan berlangsungnya data kependudukan secara integratif, maka pemerintah bertanggung jawab dalam menyediakan pelayanan kependudukan. Dalam hal ini Pemerintah Desa Luwungragi sangat berperan penting sebagai penyedia pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan.

Administrasi Kependudukan menjadi pokok dari kehidupan masyarakat karena sebagai rangkaian kegiatan penataan dan penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui program pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi administrasi kependudukan. Misalnya pembuatan Kartu Keluarga, KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dsb.

Setiap hari aktivitas pelayanan publik di Desa Luwungragi sangat ramai oleh masyarakat yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan. Namun kenyataannya masyarakat belum sepenuhnya mengetahui bagaimana alur pelayanan administrasi di Desa Luwungragi. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro berinisiatif untuk melaksanakan program kerja berupa pembuatan banner Alur Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Luwungragi guna memudahkan pelayanan administrasi kependudukan.

Pelaksanaan program kerja pembuatan alur pelayanan administrasi kependudukan diawali dengan koordinasi bersama Kepala Desa Luwungragi, Bapak Akhmad Burhanudin, S.Kom dan perangkat desa lainnya terkait keterbutuhan dalam proses pembuatan alur pelayanan. Selain itu, terdapat pula persyaratan yang dibutuhkan dalam mengurus dokumen kependudukan dengan mengacu pada BLAKASUTA yakni sarana bagi masyarakat Kabupaten Brebes dalam memperoleh informasi terkait Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Brebes.

   

Penyerahan banner dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2023 dengan Bapak Akhmad Burhanudin, S.Kom selaku Kepala Desa Luwungragi. Dengan adanya banner alur pelayanan administrasi kependudukan ini harapannya menjadi sarana kemudahan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yang lebih efektif dan efisien.

Penulis : Yulita Dzakiyyah Rahmawati – Administrasi Publik / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

DPL : Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.

Lokasi : Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes