Tingkatkan Digitalisasi Keuangan, Mahasiswa KKN Kenalkan Dana Bisnis sebagai Dompet Digital dan Metode Pembayaran QRIS ke Pelaku UMKM di Desa Luwungragi

  • Aug 15, 2023
  • Muhammad Iffat Zul Husni
  • BERITA

Brebes (17/08/2023) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) telah melaksanakan kegiatan monodisiplin yang dilakukan oleh Muhammad Iffat Zul Husni, mahasiswa prodi Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro, ke pelaku usaha UMKM di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Setelah melakukan survey di minggu pertama,  ternyata masih banyak UMKM di Desa Luwungragi yang belum memanfaatkan sistem pembayaran QRIS. Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS merupakan system pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis dompet digital atau mobile banking. Tujuan penggunaan metode pembayaran ini adalah untuk menciptakan system pembayaran yang efektif, efisien, aman, sehingga pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Dengan situasi masih banyaknya UMKM di Desa Luwungragi yang belum memanfaatkan sistem pembayaran QRIS ini, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Muhammad Iffat Zul Husni berinisiatif untuk melaksanakan program kerja KKN berupa Pengenalan pada Dompet Digital menggunakan Dana Bisnis dan Pembuatan Metode Pembayaran QRIS pada UMKM di Desa Luwungragi.

Kegiatan dilaksanakan dengan cara door to door dengan menghampiri pelaku UMKM di sekitar desa Luwungragi dengan metode penyampaian secara lisan dan menggunakan leaflet terkait apa itu QRIS, manfaat menggunakan QRIS, dan bagaimana cara mendaftarkan QRIS di aplikasi Dana Bisnis. Salah satu UMKM yang dikunjungi adalah UMKM “Keripik Tempe AS” Bu Uswatun RW 06 Desa Luwungragi pada hari Sabtu, 15 Juli 2023 Pukul 09.00 – 11.00 WIB. Setelah itu para pelaku UMKM diberikan pendampingan dalam proses pembuatan akun Dana Bisnis hingga pembuatan QRIS. Adapun output dari kegiatan ini adalah sebuah leaflet terkait penjelasan singkat dan cara pendaftaran pada akun Dana Bisnis dan cara menggunakan pembayaran digital QRIS.

Sosialisasi metode pembayaran digital mendukung tujuan SDGs Sustainable Development Goals) kesembilan, yaitu Pembangunan infrastruktur dan berkelanjutan dan Tangguh di negara berkembang, melalui peningkatan keuangan dan teknologi. Harapannya dengan penggunaan Dana Bisnis bagi UMKM di Desa Luwungragi dalam mengelola keuangan menjadi lebih rapi dan memiliki pencatatan pembukuan yang jelas dan praktis. Selain itu, dengan adanya sistem pembayaran digital QRIS dapat memudahkan penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi secara cepat dan efisien.

Hal ini juga diharapkan dapat memajukan UMKM sebagai langkah awal dalam peralihan dari transaksi konvensional ke transaksi digital. Sehingga para pelaku UMKM tidak perlu bingung jika harus mencari uang kembalian atau mencatat pembukuan secara manual karena semua transaksi sudah masuk dan tercatat di dompet digital Dana Bisnis yang ada di smartphone masing-masing.

 

Lokasi : RW 06 Desa Luwungragi, Kec. Bulakamba, Kab. Brebes.

Tanggal Kegiatan : 15 Juli 2023

Penulis : Muhammad Iffat Zul Husni / Administrasi Bisnis

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.