Maksimalkan Digitalisasi UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP Dorong Pelaku UMKM di Desa Luwungragi Manfaatkan Google Maps

  • Aug 15, 2023
  • Muhammad Iffat Zul Husni
  • BERITA

Brebes (17/08/2023) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) telah melaksanakan kegiatan monodisiplin yang dilakukan oleh Muhammad Iffat Zul Husni, mahasiswa prodi Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro yaitu memberikan sosialisasi terkait digitalisasi UMKM melalui Google Maps sekaligus pendampingan pada pendaftaran bisnis ke Google Maps. Program kerja monodisiplin ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan digitalisasi UMKM sekaligus sebagai branding UMKM tersebut dalam memasarkan usahanya sehingga para calon customer nantinya lebih mudah menjangkau tempat usaha ketika sudah terpasang di Google Maps. Program kerja ini mendukung tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) yang ke 8 yaitu “Pekerjaa Layak dan Pertumbuhan Ekonomi” dan ke 17 yaitu “Kemitraan untuk mencapai Tujuan”

Google Maps merupakan aplikasi peta online dari Google yang mampu membantu dalam memberikan informasi detail dari suatu lokasi. Google Maps sangat dibutuhkan bagi para pelaku usaha ketika mendaftarkan lokasi usahanya karena di dalamnya para pelaku usaha dapat membagikan informasi kepada pengguna Google Maps mulai dari jam buka toko, layanan, menu, titik lokasi usaha, dan hal lainnya yang dapat mempermudah pelanggan.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 16 Juli 2023 ini dilaksanakan dengan cara door to door dengan memberikan leaflet berisikan penjelasan singkat mengenai apa itu Google Maps, manfaat mendaftarkan lokasi toko ke Google Maps, dan langkah-langkah pendaftaran lokasi toko di Google Maps. Salah satu UMKM yang dikunjungi adalah UMKM “Bawang Goreng Az Zahra” milik Bu Ida RW 07 Desa Luwungragi. Setelah itu para pelaku usaha diberikan pendampingan dalam proses pendaftaran titik di Google Maps. Ibu Ida selaku pemilik usaha Bawang Goreng Az Zahra berharap setelah didaftarkan usahanya ke Google Mpas dapat memperluas pemasaran calon pembeli sehingga dapat menambah penghasilan kedepannya.

 

Lokasi : RW 07 Desa Luwungragi, Kec. Bulakamba, Kab. Brebes.

Tanggal Kegiatan : 16 Juli 2023

Penulis : Muhammad Iffat Zul Husni / Administrasi Bisnis

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.