Video Profil Desa Untuk Promosi Desa: Mahasiswa KKN Undip Membuat Video Profil Untuk Desa Luwungragi

  • Aug 20, 2023
  • Muhammad Fachri Azfar
  • BERITA

Promosi dan pengenalan desa merupakan hal yang penting bagi sebuah desa. Dengan lebih terkenalnya nama suatu desa, perekonomian desa dapat lebih meningkat. Salah satu cara promosi desa bisa dengan menggunakan video profil desa.

Mahasiswa Tim 2 KKN Universitas Diponegoro di Desa Luwungragi melaksanakan kegiatan pembuatan video profil desa. Video profil desa ini bertujuan untuk menjadi salah satu bentuk promosi dan juga pengenalan Desa Luwungragi.

Desa Luwungragi merupakan salah satu desa di Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Desa ini berbatasan dengan Desa Klampok di utara, Desa Siasem dan Desa Sigentong di timur, Desa Siwuluh di selatan, dan Desa Bangsri di arah barat.

Berdasarkan data tahun 2021, Desa Luwungragi memiliki luas daerah sebesar 230,74 hektar. Desa Luwungragi terdiri dari 41 RT, 8 RW, dan 3 dusun. Mata pencaharian di desa ini adalah petani/pekebun, buruh tani, guru, dan lainnya.

Pengambilan gambar dan video dilaksanakan selama mahasiswa KKN beraktivitas di Desa Luwungragi. Isi dari video profil desa adalah seperti informasi dasar Desa Luwungragi, UMKM desa, potensi desa, dan suasana di desa.  Pengambilan dan pengeditan video dilaksanakan sendiri oleh mahasiswa Tim 2 KKN Undip.

Video profil desa ini diharapkan dapat membantu desa dalam segi promosi desa dan juga pengenalan desa ke masyarakat yang lebih luas. Dengan image yang baik, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian desa.

 

Penulis: Muhammad Fachri Azfar – Teknik Elektro / Fakultas Teknik

DPL: Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.

Lokasi: Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes