Basmi Stunting dengan Wawasan Pencegahan Stunting Lewat Poster Entaskan Angka Stunting di Desa Luwungragi

  • Aug 12, 2023
  • Dwiana Zahira
  • BERITA

Stunting adalah masalah gizi kronis karena kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sejak awal masa emas kehidupan pertama, yakni dalam kandungan sampai dengan usia dua tahun. Biasanya terlihat pada usia dua tahun, dimana tinggi badan anak dan berat badan anak tidak sesuai dengan anak lain seusianya. Masalah stunting merupakan masalah yang serius pada Kabupaten Brebes, khususnya Desa Luwungragi. Dalam data stunting di Desa Luwungragi, ada sekitar 58 balita yang mengalami stunting. Walaupun bukan menjadi yang tertinggi, tapi balita-balita ini membutuhkan bantuan dari pemerintah dan puskesmas untuk bisa memenuhi gizi seimbang agar tidak lagi mengalami stunting.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Reguler Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 berinisiatif untuk membuat poster mengenai “Entaskan Angka Stunting di Desa Luwungragi”. Poster ini berisi wawasan mengenai stunting, seperti pengertian, dampak, pencegahan dan solusi. Tak hanya itu, pada poster juga terdapat data persebaran anak yang mengalami stunting berdasarkan tinggi badan anak di tiap posyandu yang ada di Desa Luwungragi. Ditambah pula, terdapat status gizi anak dengan indikator gizi buruk, gizi kurang, dan gizi baik.

 

Setelah pembuatan poster, dilanjutkan penyerahan kepada pemerintah dan tenaga kesehatan Desa Luwungragi. Untuk pemerintah setempat poster diserahkan kepada Bapak Akhmad Burhannudin sebagai Kepala Desa Luwungragi pada tanggal 10 Agustus 2023. Lalu, pihak tenaga kesehatan diserahkan kepada Ibu Wiwin selaku Bidan Desa didampingi oleh kader-kader posyandu pada hari Jumat, 11 Agustus 2023. Kemudian, dilakukan sesi sharing bersama Ibu Wiwin mengenai stunting dengan pemberian saran dan masukan agar pemerintah dan puskesmas setempat dapat lebih memberi wawasan kepada ibu-ibu yang memiliki balita stunting dan ibu hamil untuk pencegahan serta edukasi pemberian makanan tambahan dengan berbagai jenis bahan makanan yang bergizi tinggi. Untuk edukasi ke depannya dapat menggunakan poster “Entaskan Angka Stunting” agar lebih mudah dipahami oleh ibu-ibu yang memiliki balita stunting dan ibu hamil.

Mahasiswa KKN Reguler Tim II 2022/2023 berharap dengan adanya poster ini dapat membantu pemerintah dan puskesmas dalam pencegahan stunting sehingga angka stunting di Desa Luwungragi dapat berkurang bahkan menghilang.

 

Penulis : Dwiana Zahira (Statistika, Fakultas Sains dan Matematika)

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.

Lokasi : Desa Luwungragi, Kec. Bulakamba, Kab. Brebes