SIAK TERPUSAT PELAYANAN MAKIN CEPAT! Mahasiswa KKN Undip Advokasikan Kebijakan SIAK Terpusat di Desa Luwungragi, Brebes

  • Aug 10, 2023
  • Yulita Dzakiyyah Rahmawati
  • BERITA

Luwungragi, Bulakamba, Brebes (01/08/2023). Urusan administrasi kependudukan bukan pelayanan dasar melainkan menjadi dasar dalam semua pelayanan. Administrasi Kependudukan sebagai suatu sistem yang diharapkan dapat diselenggarakan sebagai bagian dari penyelenggaraan Administrasi Negara. Dari sisi kepentingan Penduduk, Administrasi Kependudukan dapat memberikan pemenuhan hak-hak administratif, seperti pelayanan publik serta perlindungan yang berkenaan dengan dokumen kependudukan tanpa adanya perlakuan yang diskriminatif.

Dalam hal ini, Pemerintah Desa Luwungragi berencana akan menerapkan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) Terpusat yang terintegrasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Sistem terpusat ini lebih efisien dari segi sistem keamanan siber dan dapat memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan dengan lebih cepat. Tujuan Penyelenggaraan SIAK Terpusat adalah meningkatkan kualitas pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil dengan menyediakan data dan informasi skala nasional dan daerah mengenai hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang akurat, lengkap, mutakhir, dan mudah diakses.


Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai momentum terbentuknya Bank Data Kependudukan yang bisa dimanfaatkan sebagai pusat informasi bagi lembaga, instansi, dan masyarakat yang membutuhkan. Pelaksanaan sosialisasi dan advokasi kebijakan penerapan SIAK Terpusat oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro berjalan dengan baik memaparkan tujuan, peran, fungsi SIAK Terpusat, dan bagaimana cara pencegahan kebocoran data serta kunci sukses penerapan SIAK Terpusat mulai dari dukungan kepemimpinan, kapasitas sumber daya manusia, kolaborasi dan keterbukaan, monitoring dan evaluasi, serta sarana dan prasarana.

   

Setelah sosialisasi dan advokasi dilanjutkan dengan sharing session bersama kepala desa dan perangkat desa Luwungragi terkait kesiapan dan kendala yang dihadapi untuk menerapkan SIAK Terpusat seperti alokasi anggaran yang cukup besar dan kesiapan SDM sebagai operator pelayanan. Harapannya advokasi ini menjadi sarana percepatan penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Terpusat di Desa Luwungragi guna meningkatkan pelayanan publik yang lebih cepat, efektif, dan efisien. SIAK TERPUSAT PELAYANAN MAKIN CEPAT!

Penulis : Yulita Dzakiyyah Rahmawati – Administrasi Publik / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

DPL : Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.

Lokasi : Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes