SIDEKA NG Siap Digunakan untuk Website Desa se Kecamatan Bulakamba

  • Dec 24, 2022
  • Ali Mubarok
  • BERITA, POTENSI DESA, KEGIATAN

luwungragi.desa.id - Desa menjadi bagian sentral dari reformasi birokrasi di Indonesia. Dengan lokasi yang tersebar di seluruh penjuru negeri, desa dapat menjadi katalis transformasi digital pemerintah di Indonesia yang manfaatnya langsung terasa di masyarakat.

Pesan itulah yang mencuat pada acara Peningkatan Kapasitas Operator Desa pada sesi acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Percepatan Transformasi Digital Desa yang pada Sabtu (24/12). Acara ini digelar oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Bulakamba.

Menurut Hendrawan Aprilia Ashari (Pranata Komputer Muda Dinkominfotik Brebes), Pemerintah RI berkomitmen memanfaatkan teknologi digital untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel. Salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut adalah membangun SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik), yaitu sistem tata kelola terpadu untuk seluruh level pemerintahan di Indonesia.

Sistem SPBE ini juga menyentuh level desa sebagai bagian dari sistem tata kelola dan pelayanan masyarakat. “Keterpaduan TIK dan pengelolaan data pemerintah diharapkan dapat memperpendek rantai birokrasi sehingga memudahkan pengambilan keputusan dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat" ungkap Hendra.

Memanfaatkan Sideka NG

Untuk mempercepat digitalisasi di level desa, pemerintah pusat pun berkomitmen menyediakan infrastruktur digital pendukung. Salah satunya adalah Sideka NG (Sistem Informasi Desa dan Kawasan Next Generation). Sideka NG ini adalah platform yang dapat digunakan pemerintah desa untuk membangun layanan digital untuk masyarakat.

Melalui Sideka NG, setiap desa di Indonesia mendapatkan situs khusus berdomain (namadesa).desa.id. Sideka NG juga memungkinkan desa membuat sistem pelayanan berbasis digital bagi warga. Yang tak kalah penting, Sideka NG ini akan menjadi bagian dari PDN (Pusat Data Nasional) yang dikelola langsung oleh pemerintah pusat.

Artinya, setiap desa di Indonesia dapat langsung memanfaatkan Sideka NG tanpa harus membangun infrastruktur sendiri. Dan semua itu dapat digunakan secara gratis.

Karena itulah, pemerintah mendorong setiap desa di Indonesia untuk memanfaatkan Sideka NG ini. “Sebagai bagian dari pemerintahan, kita harus beradaptasi dan mengadopsi nilai-nilai baru dan melakukan transformasi budaya kerja," tambah Hendra.

Sesi acara ini dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Pembuatan Website Desa dengan Aplikasi SIDEKA NG yang dipandu oleh Dian Arianto dan Tohirin, staf Dinkominfotik Brebes. Bimbingan Teknis dilaksanakan step by step sampai Operator Desa se Kecamatan Bulakamba bisa memanfaatkan SIDEKA NG sebagai aplikasi Pengelolaan Website Desa untuk wadah informasi dan trasparansi Desa masing-masing.