Tak Hanya Menghitung, Mahasiswa KKN Undip Gunakan Matematika Pada Pewarnaan Pemetaan UMKM di Desa Luwungragi

  • Aug 10, 2023
  • Pramishvary Aisyah Hanny
  • BERITA

Luwungragi, Bulakamba, Brebes (07/08/2023). Selepas pandemi Covid-19 yang melanda, UMKM yang tadinya gulung tikar kembali melebarkan sayapnya lagi. Aktivitas masyarakat kembali ramai seperti sedia kala, dan kegiatan ekonomi mulai berjalan seperti biasanya. Hal ini juga terjadi pada Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Setelah melakukan survei, didapatkan hasil bahwa di Desa Luwungragi banyak UMKM yang terdampak pandemi. Dan saat ini beberapa UMKM ada yang mulai bangkit kembali. Namun, pemerintah setempat belum memiliki data terbaru mengenai UMKM. Sehingga, UMKM di sekitar belum atau sedikit yang diketahui oleh pemerintah dan masyarakat.

Oleh karena itu, untuk membantu pendataan pemerintah dan penyebarluasan informasi UMKM kepada masyarakat, mahasiswa KKN Reguler Tim II 2022/2023 berinisiatif untuk membuat Pewarnaan Pemetaan UMKM di Desa Luwungragi. Peta ini berisi informasi di mana dan jenis UMKM tersebut yang ada di Desa Luwungragi. Teori peta ini menggunakan salah satu mata kuliah Teori Graf yang mana memuat materi pewarnaan peta sederhana. Kemudian, peta tersebut dicetak berbentuk banner sebagai pendataan di pemerintah setempat dan diunggah pada website desa sebagai bentuk informasi kepada masyarakat.

Penyerahan peta dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2023 dengan Bapak Ahmad Burhannudin, S.Kom sebagai Kepala Desa Luwungragi. Pemerintah setempat juga dapat melakukan pembaruan terhadap data UMKM di Desa Luwungragi, sehingga keterbaruan data juga dapat terjamin.

Mahasiswa KKN Reguler Tim II 2022/2023 berharap agar peta ini dapat memberikan pendataan kepada pemerintah setempat dan informasi kepada masyarakat sehingga pertumbuhan UMKM dapat lebih cepat bangkit kembali.

 

Penulis: Pramishvary Aisyah Hanny - Program Studi Matematika Fakultas Sains & Matematika

DPL: Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.