Tangkal Hipertensi, Tingkatkan Kesehatan: Mahasiswa KKN UNDIP Salurkan Cek Kesehatan Gratis dan Penyuluhan Hipertensi untuk Lansia

  • Aug 10, 2023
  • Devi Anggraini
  • BERITA

Luwungragi, Bulakamba, Brebes (3/8/2023) – Penyakit degeneratif bagi lansia cukup mencuri perhatian di desa Luwungrugi, salah satunya yaitu hipertensi. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan dan pencegahan penyakit hipertensi, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP menyelenggarakan kegiatan cek kesehatan gratis berupa pemeriksaan tekanan darah dan penyuluhan hipertensi untuk lansia. Acara ini merupakan salah satu bentuk dedikasi mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif bagi komunitas sekitar, khususnya dalam meningkatkan kualitas hidup lansia.

Kegiatan ini dilaksanakan di posyandu lansia Desa Luwungragi pada 22 Juli 2023 pukul 08.30 - 09.30.  Acara ini dihadiri oleh puluhan lansia yang antusias dengan kegiatan ini. Mahasiswa Tim II KKN UNDIP berperan aktif dalam membantu melakukan pemeriksaan tekanan darah serta menyampaikan informasi tentang pencegahan dan pengelolaan hipertensi kepada lansia.

Kegiatan dimulai dengan para lansia mengikuti sesi pemeriksaan tekanan darah, kemudian hasil pemeriksaan dicatat dan diinformasikan secara langsung kepada lansia. Setelah itu, lansia dikumpulkan untuk dilakukan penyuluhan terkait hipertensi. Beberapa hal yang disampaikan meliputi ciri-ciri, bahaya, dan cara mengatasinya melalui program PATUH hipertensi. Lansia juga diberikan pengetahuan mengenai diet rendah garam untuk mengatasi hipertensi.

Diakhir penyuluhan dibuka sesi sharing atau diskusi. Lansia yang ingin menyampaikan keluhannya dipersilakan dan mahasiswa KKN UNDIP turut membantu memberikan beberapa saran.

Kegiatan cek kesehatan gratis dan penyuluhan hipertensi ini mendapatkan sambutan hangat dari pihak lansia, kader posyandu, dan bidan desa. Dengan semangat untuk terus berkontribusi dalam menyebarkan kesadaran tentang kesehatan dan pencegahan hipertensi, mahasiswa KKN UNDIP berharap acara ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk turut serta dalam menjaga kesehatan dan kualitas hidup, terutama bagi kalangan lansia yang lebih rentan terhadap risiko penyakit hipertensi.

 

Penulis : Devi Anggraini – Ilmu Keperawatan / Fakultas Kedokteran

DPL : Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.

Lokasi : Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes