Wow! Kini Matematika Semakin Mudah dengan Klinik Matematika: Sharing & Main Sambil Belajar Matematika Melalui Alat Peraga

  • Aug 10, 2023
  • Pramishvary Aisyah Hanny
  • BERITA

Luwungragi, Bulakamba, Brebes (07/08/2023). Matematika merupakan pelajaran yang menyeramkan bagi pelajar dari dulu kala. Entah dari materinya yang dikenal sulit atau dari pengajar yang galak. Sehingga, pelajar mengeluhkan kesulitan dalam belajar Matematika. Kesulitan ini juga tak terlepas dari remaja di Desa Luwungragi dan siswa siswi SDN Luwungragi 01.

Sharing dalam program kerja Klinik Matematika dilakukan saat Posyandu Remaja pada tanggal 13 Juli 2023. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui dan memberi bantuan kepada remaja mengenai kesulitan dalam Matematika. Audiens yang mengikuti sharing ini dari umur 10-16 tahun yang mana audiens sedang berada pada kelas 4 SD sampai kelas 10 SMA.

Kemudian, kegiatan selanjutnya yakni Main Sambil Belajar Matematika dengan Alat Peraga yang dilaksanakan di SDN Luwungragi 01 kelas 6A dan 6B pada tanggal 26 Juli 2023. Materi yang dibawakan adalah bangun datar dan bangun ruang. Kegiatan ini mengajak para siswa siswi khususnya kelas 6 untuk mengenal bangun datar dan bangun ruang. Di sini juga terdapat video edukatif dan alat peraga yang memudahkan para siswa siswi dalam memahami materi. Setelah belajar, dilanjutkan bermain yakni Ice Breaking mengenai materi yang telah diajarkan. Terdapat reward untuk siswa siswi yang secara aktif menjawab Ice Breaking. Hal ini dilakukan agar siswa siswi termotivasi dan pelajaran akan semakin menyenangkan.

    

Tak hanya itu, alat peraga juga diserahkan kepada guru pengajar agar dapat digunakan ke depannya sebagai media pengajaran.

Mahasiswa KKN Reguler Tim II 2022/2023 berharap dengan adanya Klinik Matematika ini dapat menginspirasi guru dalam teknik pengajaran yang menyenangkan dan memudahkan siswa siswi dalam belajar Matematika ke depannya.

 

Penulis: Pramishvary Aisyah Hanny - Program Studi Matematika Fakultas Sains & Matematika

DPL: Dr. Dra. Nurhayati, M.Si.